Home| FT-Home| Moddle| FT-MAIL| Perpustakaan| Nilai Online| Untar
Fakultas Teknik
TEKNIK INDUSTRI
UNIVERSITAS TARUMANAGARA
Untitled Document
SEJARAH

        Program Studi Teknik Industri adalah Program Studi baru yang mulai beroperasi tahun akademik 2005/2006. Program Studi ini merupakan pengembangan Bagian Peminatan Teknik dan Manajemen Industri Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara yang berdiri tahun 1981. Sebelum didirikan, dibentuk tim Pendiri Prodi Teknik Industri yang diketuai oleh Ir. Basuki Anondho, MT (Fakultas Teknik), Wakil Ketua Drs. Widayatmoko, MM (Fakultas Ekonomi), Sekretaris Lamto Widodo, ST., MT (Jurusan Teknik Mesin) dan Anggota Ir. Sofyan Djamil, M.Si (Jurusan Teknik Mesin), Dra.  Moersilah S., Drs. Sarwo Edy Handoyo, MM., dan Drs. M. Sarono Slamet, MM dengan dibantu beberapa staf Jurusan dan Fakultas. Tugas dari tim ini adalah melakukan studi kelayakan dan membuat proposal pendirian Program Studi Teknik Industri. Dalam proposal tersebut salah satu yang harus dirumuskan adalah visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi.

        Tim melakukan studi banding ke beberapa perguruan tinggi antara lain Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Maranatha Bandung, Universitas Parahyangan Bandung, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan Universitas Trisakti Jakarta. Tim juga mengadakan survei berupa wawancara dengan beberapa Lulusan Peminatan Teknik dan Manajemen Industri Jurusan Teknik Mesin Universitas Tarumanagara serta beberapa industri tempat Lulusan berkarya. Tim juga mengkaji Visi, Misi, serta Tujuan Universitas Tarumanagara dan Fakultas Teknik sebagai acuan dalam perumusan Visi, Misi , Tujuan dan Sasaran Pencapaian Prodi Teknik Industri. Akhirnya tim ini menghasilkan rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi yang dituangkan dalam proposal pendirian Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara dan disetujui oleh Dirjen Dikti sesuai dengan SK Nomor: 4222/D/T/2004 tanggal 27 Oktober 2004.

        Setelah SK Ijin Operasional didapatkan dilakukan pemantapan visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategis pencapaian Rapat Kerja penyusunan rancangan kurikulum operasional Teknik Mesin dan Teknik Industri pada tanggal 18 – 21 April 2005 bertempat di PUSDIKLAT PT.Indofood, Jl. Kebon Raya Cibodas Km 2 Cibodas-Bogor. Dalam rapat tersebut turut diundang beberapa narasumber dari ITB, UI, Universitas Trisakti, dan pihak industri. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian tercantum dalam dokumen Kurikulum Operasional tahun 2005.